Kamis, 12 Mei 2016

✿ Air Terjun Ngleyangan, Kecantikan Alam Kediri yang Tersembunyi.



[Seputar Air Terjun di Indonesia]
Air Terjun Ngleyangan, Kecantikan Alam Kediri yang Tersembunyi.

A. Selayang Pandang :

Satu lagi tempat wisata alam di daerah Kabupaten Kediri yaitu ‘Air Terjun Ngleyangan’ atau disebut juga ‘Air Terjun Sekartaji’.  Bisa dikatakan air terjun ini masih perawan dan belum tersentuh penanganan dari pemerintah setempat.  Air terjun Ngleyangan disebut juga Air Terjun Sekartaji.  Jatuhnya air dari ketinggian ±123 Meter merupakan daya tarik obyek wisata ini disamping udara sejuk karena berada diketinggian 800 meter dari permukaan laut.  Air terjun ini terletak di lereng timur Gunung Wilis.


Dijuluki ‘Air Terjun Sekartaji’ sendiri karena di kawasan air terjun ini terdapat situs patung-patung Hindu dan sumur tua. Menurut masyarakat sekitar Air terjun ini dulunya pernah di tempati oleh Mpu Brahmarja dan putrinya Dewi Aminasi [Dandang Gendis], mereka menepati beberapa waktu sebelum di jemput ke kraton Kediri untuk di jadikan Raja Kediri yang bergelar Srikertajaya mengantikan Raja Jayasheba Uyung.


B. Akses Menuju Lokasi :

Karena lokasi air terjun ini masih belum banyak yang tahu, akses untuk bisa sampai ke air terjun hanya bisa di tempuh dengan jalan kaki atu setapak sekitar 4 Km [kurang lebih 2,5 jam jalan kaki] mengikuti arah pipa Air, atau goresan-goresan dari cat. Karena belum ada petunjuk arah yang jelas.


C. Tempat Air Terjun Ngleyangan :

Terletak di Dusun Goliman, Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Berjarak kurang lebih 20 Km dari jantung kota Kediri arah Barat atau Banyakan. Rute yang di tempuh yaitu dari Pasar Banyakan jalan ke arah barat menuju Desa Goliman kondisi jalan mulus bisa dilalui roda dua dan empat sampai di Banyakan jalan mulai terjal bebatuan sampai Dusun Goliman, atau bisa dari arah Pasar Gringing menuju Dusun Goliman, Desa Parang yakni Desa terakhir sebelum naik ke lokasi air terjun. Kendaraan biasanya bisa di titipkan kepada warga setempat setelah itu bisa naik menyusuri parbukitan menuju titik ‘Air Terjun Ngleyangan’. Menuju titik air terjun pengunjung akan di suguhi pemandangan hijau persawahan warga.



Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.


 “Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)

 
;